Karakteristik Wirausaha



Karakteristik merupakan sifat dan tingkah laku seseorang. Dengan demikian yang dimaksud
karaketeristik wirausaha adalah sifat atau tingkah laku yang khas dari seorang wirausaha yang
membedakan dengan orang lain.
Menurut pendapat Bygrave, ada sepuluh karakteristik wirausaha yang terkenal dengan istilah 10 D adalah sebagai berikut:
1.      Dream, seorang wirausaha mempunyai visi keinginan terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impiannya

2.      Decisiveness, seorang wirausaha adalah orang yang tidak bekerja lambat. Mereka membuat keputusan secara cepat dengan penuh perhitungan.

3.      Doers, seorang wirausaha akan langsung menindaklanjuti keputusan yang diambilnya Mereka melaksanakan kegiatannya secepat mungkin.

4.      Determination, seorang wirausaha melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian. Rasa tanggungjawabnya tinggi dan tidak mau menyerah, walaupun dihadapkan pada halangan dan rintangan yang tidak mungkin dapat diatasi

5.      Dedication, seorang wirausaha mempunyai dedikasi terhadap bisnisnya sangat tinggi, kadang-kadang mengorbankan kepentingan keluarga untuk sementara.

6.      Devotion, wirausahawan di dalam melaksanakan pekerjaannya tidak mengenal lelah. Semua perhatian dan kegiatannya dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnisnya.

7.      Details, seorang wirausaha sangat memperhatikan faktor-faktor kritis secara rinci. Dia tidak mau mengabaikan faktor-faktor kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

8.      Destiny, seorang wirausaha bertanggungjawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang yang bebas dan tidak mau tergantung kepada orang lain

9.      Dollars, seorang wirausaha tidak mengutamakan mencapai kekayaan. Motivasinya bukan uang. Uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. la berasumsi jika berhasil dalam bisnis ia pantas mendapatkan laba, bonus, atau hadiah.

10.     Distribute, seorang wirausaha bersedia mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses dalam dunia bisnis.



Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa karakteristik wirausahawan, atau Karakteristik yang harus dimiliki oleh wirausaha adalah sebagai berikut :
1.    Disiplin
     Disiplin adalah usaha untuk mengatur atau mengontrol kelakuan seseorang untuk mencapai tujuan, dengan adanya bentuk kelakuan yang harus dicapai, dilarang atau diharuskan. Kerja keras dan didiplin merupakan modal dasar untuk keberjhasilan seseorang yang melakukan kegiatan wirausaha. Kerja keras yang dilakukan oleh wirausaha harus disertai dengan sikap disiplin dalam melaksanakan usahanya. Hal ini disebabkan meskipun bekerja keras tetapi jika tidak disertai sikap disiplin maka usahanya kurang berarti.

2.    Komitmen tinggi
   Komitmen tinggi artinya fokus pikiran diarahkan kepada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Seorang wirausaha yang berkomitmen tinggi adalah orang yang mentaati dan memenuhijanjinya untuk memajukan usaha bisnisnya sampai berhasii sekaligus mempertahankan dan menciptakan kepercayaan diri orang lain baik itu konsumen maupun mitra bisnisnya.
     Komitmen tinggi terhadap tugas merupakan keharusan bagi wirausaha. Hal ini berarti sebagai seorang wirausaha pikirannya setiap saat tidak boleh lepas dari perusahaan atau bisnisnya. Komitmen tinggi seorang wirausha dapat mendorongnya untuk selalu prestatif dan berambisi ingin maju.

3.    Jujur
   Salah satu kunci keberhasilan wirausaha adalah kejujuran dan kepercayaan dari konsumen atau masyarakat terhadap dirinya. Sikap jujur merupakan manifestasi atau ungkapan perilaku seseorang yang mengakui keberadaan sebenarnya atau apa adanya. Jika wirausaha tidak jujur maka akan menimbulkan risiko.
    Jujur didalam berwirausaha artinya mau dan mampu berbuat apa adanya. Kejujuran dapat disamakan dengan amanah. Amananah artinya bila diberi kepercayaan tidak berkhianatkala berkata selalu benar, jika berjanji selalu ditepati. Adapun makna kejujuran dalam hidup ini termasuk sifat yang harus dimiliki oleh para wirausahawan karebna sifat ini mendatangkan kepercayaan para konsumen

4.    Kreatif
     Apa yang dimaksud kreativitas? kreativitas adalah menghadirkan suatu gagasan baru. Kreativitas itu merupakan proses yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Kreativitas merupakan sumber yang sangat penting dari kekuatan persaingan usaha, karena lingkungan bisnis yang selalu berubah Keberhasilan wirausaha dalam mengelola usahanya terletak pada sikap dan kemampuan berusaha serta mempunyai etos kerja tinggi.




5.    Inovatif
     Faktor personal yang mendorong inovasi dalam mengembangkan semangat wirausaha yaitu keinginan berprestasi, sifat penasaran pribadi, berani menangung resiko, faktor pendidikan dan pengalaman dalam usaha bisnisnya.

    Apakah inovasi itu, Inovasi bahasa inggrisnya innovation yang artinya adalah segala hal yang baru atau pembaharuan. Inovator adalah orang atau sesuatu yang mendatangkan hal- hal yang baru. Wirausaha yang sukses dalam usahanya selalu menggunakan inovasi dalam pembuatan produknya atau pelayannannya yang unik, aneh, khusus dan baru sehingga tidak memandang usaha lain sebagai pesaing.

6.       Mandiri dan realistis
    Pribadi yang mandiri adalah orang yang tahu apa yang dilakukan dan apa yang menjadi tujuannya Realistis adalah kenyataan. Jadi berpikir realistis adalah cara berpikir yang sesuai dengan akal sehat dan sesuai realita. Pola pikir yang realistis akan mengembangkan seseorang menuju kesuksesan.


     Seorang wirausha yang berhasil dalam menjalankan usahanya secara mandiri dan realistis akan menyadari bahwa dalam menjalankan pekerjaannya selalu berdasarkan atas bakat dan kemampuan yang dimilikinya (realistis) dan bekerja menurut keyakinann serta kemampuan nya sendiri (mandiri) itu berarti percaya kepada nasibnya sendiri. 


Penulis :

Kami berupaya memberikan konten yang menarik dan original. Semoga bermanfaat.
Jangan Lupa Komentar yaa :)