Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli


A. Pengertian KewirausahaanUntuk memasyarakatkan dan membangkitkan semangat Kewirausahaan di IndonesiaPemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995. Adapun tujuan dikeluarkannya instruksi presiden tersebut untuk menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda agar mampu menjadi wirausahawan. Kewirausahaan berasal dari istilah entrepreneurship, sedangkan wirausaha berasal dari kata
entrepreneur. Kata entrepreneur secara tertulis digunakan pertama kali oleh Savary pada Tahun 1723 dalam bukunya “Kamus Dagang”. Entrepreneur adalah orang yang membeli barang dengan harga pasti, meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang (atau guna ekonomi) itu akan dijual. Dengan demikian apa yang dimaksud dengan kewirausahaan dan wirausaha Ada beberapa pengertian mengenai kewirausahaan:

1.      Pengertian Kewirausahaan menurut Inpres No. 4 Tahun 1995 Tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudidayakan Kewirausahaan
 Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

2.    Menurut Salim Siagian
Kewirausahaan adalah semangat, perilaku dan kemampuan untuk memberikan tanggapan positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan lebih banyak, lebih baik, menciptakan dan menyediakan produk lebih baik bermanfaat serta menerapkan cara kerja yang lebih efisien, melalui keberanian mengambil risiko, kreativitas dan inovasi serta kemampuan manajemen.Adapun yang dimaksud dengan wirausaha, adalah sebagai berikut :1.      Wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya sendiri.
2.      Wirausaha adalah orang yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.
3.      Wirausaha adalah orang yang berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain. (Gde Prama, SWP,09/XI/1996)


Penulis :

Kami berupaya memberikan konten yang menarik dan original. Semoga bermanfaat.
Jangan Lupa Komentar yaa :)