Contoh Program Python Aplikasi Menghitung Zakat Profesi

Python dengan pengulangan for dan penyeleksian kondisi if



Wikipedia: Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar.

Kali ini saya akan menjelaskan program python yang terdapat pengulangan (for) dan penyeleksian kodisi (if). Namun apa itu pengulangan?

Pengulangan adalah bentuk aktivitas/kegiatan/tindakan yang dilakukan lebih dari satu kali dan akan berhenti pada kondisi yang telah ditentukan. Langsung saja lihat source dibawah “Menghitung zakat profesi berdasarkan pendapatan kotor (brutto)”



Tekan F5 untuk melihat output yang akan dihasilkan dari program diatas:
Penjelasan program:
-      Masukan banyak data: merupakan input angka yang harus dimasukan oleh user (berapa pegawai yang akan dihitung zakatnya)
-      Masukan harga emas: bilangan integer untuk input harga emas sekarang
-      Masukan penghasilan per bulan: bilangan integer untuk input penghasilan karyawan / pegawai

Rumus perhitungan pada program terdapat pada :


Variable d = penghasilan perbulan x 12 bulan (1 tahun)
Variabel e = wajib zakat profesi menurut hukum islam yakni 2,5% dari penghasilan selama satu tahun jika telah mencapai nishab
Variable f = merupakan angka nishab yaitu berdasar pada harga emas seberat 85gram
Variable g = merupakan perhitungan zakat yang wajib dikeluarkan jika telah mencapai nishab yaitu jika dikeluarkan per bulan (zakat per tahun dibagi 12 bulan) 


Untuk penyeleksian kondisi line 47 dapat saya jelaskan “jika gaji pertahun lebih dari nishab (85 gram emas) maka wajib untuk menunaikan zakat profesi” dan “jika gaji pertahun kurang dari / belum mencapai nishab (85 gram emas) maka belum wajib untuk menunaikan zakat profesi” pada line 51



Apakah dapat dipahami? Jika ada yang salah pada postingan ini atau ingin bertanya silahkan mengisi komentar dibawah. Terima kasih..

Programming: Examples of python programs have repetition and selection of conditions


Penulis :

Kami berupaya memberikan konten yang menarik dan original. Semoga bermanfaat.
Jangan Lupa Komentar yaa :)

2 komentar

ko a nya mu multi stetment?

Apa problem statement dia
????