Ketangguhan ASUS E202 : Si Mungil untuk Berkreasi


ASUS.. siapa sih yang tidak kenal dengan brand ini?
Produktif, kreatif dan inovatif itulah produk ASUS. Kamu Gimana?

Asus salah satu brand teknologi yang memproduksi berbagai perangkat komputerisasi yang salah satunya adalah laptop dan smartphone. Kamu pasti sering lihatkan iklan asus di TV? Ya.. memang produknya selalu menjadi yang menarik untuk dicoba dan dimiliki, smartphone terbaru dan terbaik dari asus selalu mendapatkan banyak penghargaan bergengsi. Misal nih dari segi smarphone asus memliki beauty live camera pada seri terbaru zenfone live.  Tapi sekarang saya tidak akan membahas perangkat smartphone dari Asus, melainkan untuk memberitahu sobat tentang ketangguhan Notebook ASUS E202 yang mendukung penggunanya agar lebih produktif dan kreatif.

Notebook tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan modern saat ini, untuk memudahkan perkerjaan atau sebagai bahan hiburan saja membuat semua orang harus memiliki perangkat ini. ASUS mengeluarkan produk teranyar yaitu Notebook ASUS E202, berikut adalah tampilan fisik dari ASUS E202 yang mungil lebih kecil daripada kertas berukuran A4. 👇

Ada orang jatuh cinta pada pandangan pertama yaitu dari mata turun ke hati. Begitu juga ASUS E202 belum melihat body nya maka hati ini masih tertutup untuk perangkat mutakhir ini. 

Ribet gak sih kalau harus presentasi di kantor atau sekolah tapi harus membawa perangkat dari rumah? 
Bawa buku, bekal makanan, jaket, laptop wuihh penuh banget kan. Sekarang gak perlu ribet-ribet sob ASUS punya ASUS E202 notebook dengan desain yang mungil bahkan lebih kecil dari kertas A4. ASUS E202 didesain dengan dimensi 297 x 193 mm jika saya bandingkan dengan kertas A4 yang memiliki dimensi 297 x 210 mm sehingga memilki selisih lebar 17mm. Sangat terbukti lebih kecil dari kertas A4, namun sangat mendukung mobilitas para penggunaanya. Tidak perlu ribet menjinjing perangkat ini kemana saja pergi karena ringan dan ideal menjadi prioritas ASUS E202, ringan untuk dibawa dan ideal terhadap performa.
Wahh iya sih dimensinya kecil, tapi apakah tebal? Tentu saja tidak sob ASUS E202 didukung juga dengan ketipisan hanya 21.4 mm atau 2.14 cm. Memang sangat tipis, selain memilki dimensi yang mungil perlu sobat ketahui juga ASUS E202 memiliki bobot hanya 1,25kg terbilang ringan untuk menunjang aktivitas keseharian.
Saya termasuk orang yang malas membawa laptop ke luar karena bobotnya sangat berat sekitar 2kg apalagi jarak antara rumah dan jalan raya lumayan jauh jadi perlu jalan kaki dulu untuk naik kendaraan umum. Saya jadi tertarik dengan hadirnya ASUS E202 pasti akan semakin produktif nih melakukan aktifitas diluar untuk kerja kelompok di rumah teman atau pergi ke wifi corner untuk download berbagai dokumen. Bagaimana tidak sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak menggendong ASUS E202 di punggung sebagai fasilitas mengerjakan berbagai tugas sekolah.  
Tidak compact jika hanya memilki satu sentuhan, ASUS E202 dihiasi dengan empat warna sekaligus yaitu Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge. Dengan banyak pilihan warna pastinya memberi corak tersendiri jika teman, saudara atau mantan ingin memiliki perangkat notebook yang sama. Hadirnya warna-warna segar ini memberi efek tersendiri jika beraktivitas menggunakan perangkat super ringan ASUS E202. Sayangi punggungmu pakai E202 biar ringan. Kok malah nyanyi? Ahaha :D

Ayo dong segera pakai ASUS E202 apalagi untuk anak sekolahan yang banyak tugas, ke sekolah jalan kaki, MOVE ON biar tidak memberatkan beban hidup gihh pake ASUS E202.

Sob.. sobb masih baca kan? Masih penasaran juga kan sama ASUS E202?

Sebagai orang yang ingin memperdalam photo editing kehadiran baterai yang awet sangat dibutuhkan, jangan ketika mengasah skill edit foto laptop malah mati karena kehabisan baterai. Sebagai anak muda yang kreatif keasyikan bersama notebook tidak boleh di ganggu. Kalau baterainya awet banyak juga kan yang dapat dilakukan, streaming video, dengerin musik, blogging, main game banyak deh. Makin semangat juga kan bikin artikelnya.


Nih wajib sobat tahu ASUS E202 memilki kapasitas baterai tinggi yang dapat bertahan hingga 8 jam penggunaan. Bagi sobat yang memilki mobilitas sibuk baterai merupakan hal yang prima untuk menunjang berbagai aktivitas seharian. Bagi anak sekolah, blogger, freelancer atau pekerjaan lainnya jangan sampai pekerjaan tersendat karena kehabisan daya.

Movie seharian? Main game? Atau nulis artikel? Aman sob dengan kekuatan baterai ASUS E202 hemat energi, mulai sekarang hilangkan deh rasa khawatir akan kehabisan baterai ditengah asyiknya nonton film disaat-saatnya baper. Jangan biarkan ASUS E202 diam saja, mainkan sekarang asah bakat dan kreatifitas. Tahu gak sob kenapa ASUS E202 hemat energi? Karena ASUS E202 dipacu dengan penggunaan prosesor Intel Celeron generasi ke-5 (Braswell) yang mengkonsumsi daya kecil hanya 6 watt dan tingkat penggunaan daya yang sedikit. Makanya ASUS E202 memilki kapasitas baterai awet dan tidak akan cepat habis.

Mungkin dengan 8jam penggunaan saya bisa menyelesaikan beberapa desain foto yang diedit di Photoshop, untuk berkreasi dan berinovasi bersama ASUS E202. Jika punya perangkat ini betah deh berhadapan terus sama ASUS E202, apalagi saat edit video yang membutuhkan waktu lama.

Multitasking pada perangkat notebook merupakan hal yang wajib lancar, tidak boleh terjadi lag yang membuat kesal. Apakah sobat sering mengalami? Kalau saya ya tentu saja lag merupakan hal yang menjengkelkan apalagi disertai bayang-bayang deadline. Baru saja ini terjadi kemarin, disuruh membuat video singkat tetapi hanya diberi waktu 2 jam, mencari materi di internet browser malah curhat “not responding”, membuka aplikasi video editor lamanya bukan main.. Wohhh jengkel banget deh tapi saya berkhayal “mungkinkah lag ini kembali hadir jika menggunakan ASUS E202?”.


Saya rasa TIDAK karena ASUS E202 dipacu Intel® Celeron® Dual-Core N3050 Processor, dengan kecepatan 2.16 GHz. Semua aktivitas pastinya akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan, mulai dari menonton, menulis artikel, browsing, main game, edit foto, edit video dan mengerjakan aktivitas lainnya pada ASUS E202 Insya Allah lancar. Selain Intel yang dijadikan senjata ASUS E202 menggunakan sistem operasi yang familiar dan akrab untuk penggunanya ada dua varian sistem operasi yang dapat digunakan yaitu DOS dan Microsoft Windows 10. Oprek sepuasnya deh pada perangkat baru ini ngoding yang bikin pusing aja jadi semangat kayanya kalau pakai perangkat ini.

Notebook ringan dengan warna segar, ASUS E202 memiliki penyimpanan luas yaitu 500GB HDD. Pasti data yang sobat miliki di perangkat lama tersimpan di perangkat baru yang modern dan elegan. Ssstttt.. itu baru penyimpanan di hardware saja sob, satu lagi keuntungan jika memiliki ASUS E202 sobat dapat menyimpan data everytime dan everywhere di penyimpanan awan. Faktanya Asus yang baik hati ini memberi gratis 16GB untuk melakukan sinkronisasi data di ASUS WebStorage selama setahun, untung banget kan sob? Data yang disimpan di ASUS WebStorage dapat mencangkup semua data yang dimiliki, video, foto dokumentasi, materi pembelajaran dan lainnya akan mudah diakses jika tersinkronisasi di cloud storage tanpa takut kehilangan seperti gebetan yang tidak merespon kode. :D

Jika saya memiliki perangkat ini pasti akan dipenuhi foto dan video dokumentasi bersama teman, keluarga dan dokumen penting lainnya. Sangat penting juga terhadap penyimpanan awan karena pastinya data akan aman tidak takut kehilangan jika di backup di ASUS WebStorage.


Di perangkat komputer saya sekarang ada sekitar 32 aplikasi yang ter-install mulai dari aplikasi Office, video editor, foto editor, text editor, aplikasi pemrograman dan masih banyak lagi. Kemampuan multitasking tidak akan berjaya jika memori yang digunakan kurang mumpuni, untuk mendukung performa yang mutakhir ASUS E202 ditopang dengan RAM sebesar 2GB DDR3L untuk memberi kecepatan tinggi saat menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Banyak aplikasi yang diinstal semakin banyak sobat menjalankannya semakin lincah juga performa ASUS E202 untuk memberi kepuasan penggunanya. Huhh gak tahan deh mencoba ASUS E202 untuk multitasking. Untuk main game berat bisa gak yah?
Rugi deh sob jika tidak mencoba ASUS E202 selain ukuran yang menjadi keuntungan spesifikasi hardware juga mumpuni untuk digunakan keseharian.

Beralih ke konektivitas, apa saja sih yang mendukung ASUS E202 untuk aktivitas penggunanya agar lebih produktif dan kreatif?

Sebagai pelajar yang menyukai pemrograman, photo editing dan video editing keberadaan perangkat notebook menjadi prioritas agar menghasilkan suatu karya yang baik. ASUS E202 didesain dengan bentuk yang ramping dan minimalis, tetap hadir dukungan beberapa port USB, sebuah micro HDMI port, dan slot MicroSD. Presentasi ataupun melakukan pemindahan data sangat mudah sobat lakukan karena hadirnya konektivitas USB Type-C 3.1 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbps, USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. Wow tenyata dengan hadirnya USB Type-C 3.1 pada ASUS E202 menjadikannya perangkat pertama yang menggunakan Type-C 3.1 pada notebook seri 11,6 inc. ASUS E202 sudah mendukung WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0 yang juga mampu transfer data lebih cepat.

Selalu berkreasi untuk mempresentasikan ide yang cemerlang, ciptakan hasil yang maksimal terhadap perangkat yang digunakan.

Tidak dipungkiri kadang saat melakukan aktivitas bersama laptop kejenuhan itu muncul, salah satu trik untuk menghapus kepenatan yang saya lakukan adalah main game atau nonton film yang bikin baper. Dengan layar 11,6 inc HD dirasa cukup untuk nonton film karena sudah terpuaskan dengan audio super menggelegar berkat Asus SonicMaster Technology yang menghasilkan suara mendalam dan jernih. 



Mungkin jika saya membuat video menggunakan perangkat ASUS E202 pasti gambar yang dihasilkan akan sangat fokus, jernih dan tajam hasil dari teknologi Asus Splendid yang maksimal dan akurasi warna yang sesuai. Saat bikin desain harus sesuai warnanya minta warna #000000 malah dikasih warna #151515 memang sama-sama hitam tetapi beda kontrasnya. Dengan hadirnya asus Splendid itu semua dapat diatasi karena warna yang tajam dan sesuai dengan aslinya.

Blog gado-gado yang saya kelola tidak akan menghasilkan pengunjung jika tidak ada informasi didalamnya. Terdapat artikel, tutorial, dan tips-trik lainnya pada blog sederhana ini dan saya akan lebih semangat menulis artikel dengan berbagai tema menggunakan ASUS E202 yang memiliki keyboard super keren pasalnya papan ketik menggunakan desain one-piecce chiclet keyboard yang nyaman saat menulis artikel dan kokoh untuk ribuan kali pengetikan.

Hobi main game atau mengolah gambar semakin ekonomis dengan touchpad responsif yang memberi respon cepat saat disentuh, drag and drop semakin nyaman karena papan sentuh maksimal 36% lebih besar. Terus berkreasi dan produktif mengisi waktu bersama ASUS E202, tertarik sekali untuk memilkinya dan menciptakan pengalaman unik pada perangkat komputerisasi yang mungil yang elegan.


 1.     Hemat tempat
Bagaimana tidak secara ASUS E202 memiliki dimensi yang lebih kecil dari kertas A4 sehingga memudahkan kita untuk membawa dan memasukan ke tas yang tidak membuat ribet saat menggunakannya.
2.     Hemat Energi
ASUS E202 mampu bertahan hingga 8 jam penggunaan yang meminimalkan seringnya pengisian daya yang berpotensi pada kekuatan baterai yang akan melemah. Tidak akan mudah rusak karena minim dijalankan berbarengan dengan pengisian daya,  hemat baterai hemat energi.
3.     Performa Maksimal
Memilki dapur pacu yang mumpuni perangkat notebook ini mampu multitasking dengan lancar dengan kecepatan yang maksimal.
4.     Fitur Lengkap
Fitur modern masa kini hadir pada ASUS E202 mulai dari keyboard chiclet, USB type-c 3.1, SonicMaster, Asus Splendid, Asus WebStorage dan fitur dukungan lainnya.
5.     Kreatif Dimanapun
Karena ukurannya yang ringan, daya tahan baterai yang awet, dan dapur pacu yang baik maka ASUS E202 bisa dibawa kemana saja dan berkreasi dimanapun. Mencari inovasi dan mengerjakan ditempat yang asri menambah kekayaan kreatifitas untuk kita semua.

Itulah Ketangguhan ASUS E202 : Si Mungil untuk Berkreasi yang saya bahas, semoga ada manfaatnya ya dan bisa dijadikan referensi untuk lebih kreatif dan produktif saat menggunakan perangkat notebook kalian. Jangan salah pilih notebook cari yang sesuai dengan mobilitas kita yaa good luck.

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.


Penulis :

Kami berupaya memberikan konten yang menarik dan original. Semoga bermanfaat.
Jangan Lupa Komentar yaa :)

7 komentar

ASUS E202 memang keren. Saya juga sudah pernah memakainya. Ukuranya minimalis dan bisa dimasukan kedalam tas kecl. Kemarin pas saya pergi, saya juga bawa notebook ini, bobotnya ringan, jadi gak bikik pegel di pundak. Recomended pokonya, terutama buat anak sekolah atau mahasiswa, ataupun pekerja. By kangamir dot com

produk asus emang keren nih, desain minimalis kualitas maximalis harganya juga ekonomis

iya keren, spesifikasi mumpunin untuk range 3jutaan

sipp setuju. sangat cocok digunakan sehari-hari baik untuk kerja ringan atau berat

Keren reviewny lengkap banget gan, mampir ya ke blog q. salam kenal juga gan.

Terima kasih gan, salam kenal juga :)

Apapun profesinya, notebook Asus E202 sangat cocok untuk menunjang aktivitas ya... Good luck buat lombanya. Eh BTW saya juga ikutan loh, kuylah kepoin blog ndeso saya