Tentang Google Street View - "Keliling Dunia" dengan Street View

Jalan-jalan ke pelosok dunia semakin mudah, karena Google memberi layanan yang memungkinkan kita untuk bisa melihat keadaan wilayah baik tempat wisata ataupun keadaan jalan hanya melalui layar komputer atau smartphone. Google Street View yang dapat diakses di perangkat pintar dengan bantuan GPS dan koneksi internet dapat menampilkan pemandangan 360 derajat. 




Apa itu Google Street View ?

Google Street View merupakan teknologi yang menampilkan pemandangan luas dari sebuah jalan, kota, atau objek wisata. Hasil akhir Street View adalah foto panorama 360 derajat yang dapat diakses dari Google Maps di browser maupun aplikasi mobile.

Street View diluncurkan pada 25 Mei 2007. Aplikasi ini pertama kali menampilkan gambar panorama di lima kota di Amerika Serikat (AS), lalu berkembang menampilkan 40 kota, dan terus diperluas agar dapat menjangkau negara lain.

Proyek pemetaan jalan ala Google ini direkam oleh teknik perekaman digital menggunakan sistem kamera sebelas lensa yang juga dikenal sebagai Dodeca.

Kamera yang berbentuk bola itu merekam gambar dari sebelas sudut pandang. Kendati hasil akhir yang ditampilkan dalam layanan Street View merupakan gambar diam, namun sebenarnya gambar yang direkam dengan sistem kamera ini adalah video full-frame sebanyak 30 frame per detik dengan resolusi sangat tinggi.

Kamera Google Street View kadang dipasang di atas mobil, troli, sepeda, di atas perahu, bahkan dibawa di pundak manusia. Semua itu tergantung medan lokasi yang ditempuh.

Setelah perekaman rampung, masuk lah pada tahap "menjahit" gambar dengan peranti lunak khusus. Gambar disusun lalu disatukan hingga menghasilkan foto panorama 360 derajat horizontal dan 290 derajat vertikal.

Tahap ini juga memakan waktu lama karena Google harus memburamkan pelat nomor kendaraan dan wajah pengguna jalan yang terekam dalam Street View untuk menjaga privasi.

Pemetaan di Indonesia


Google Street View yang dilakukan di Indonesia mulai digarap pada November 2012 dan diluncurkan pada 21 Agustus 2014. Fitur yang terintegrasi bersama dengan Google Maps tersebut, diklaim sangat membantu pengguna internet untuk menjelajahi berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Bukan perkara mudah memetakan wilayah di Indonesia. Menurut Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawy, ada banyak kendala ketika mulai memetakan Indonesia. Kemacetan adalah hal yang paling menyulitkan, terutama di Jakarta. Google bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pengambilan gambar Street View di Indonesia.

Secara teknis, kamera yang digunakan untuk mengambil gambar Street View tidak boleh berhenti bergerak dan harus berada dalam kecepatan yang stabil. Ketika terhenti dalam waktu cukup lama, pengambilan gambar harus dilakukan kembali dari titik awal.

Cara Mengakses Street View


Pengguna yang ingin mengakses Google Street View dapat pergi ke halaman Google Maps. Pada wilayah yang sudah tersedia Street View, rangkaian gambar dapat diakses dengan zoom sampai ke level terendah. Pengguna dapat menggeser ikon “Pegmen” berwarna oranye pada sisi kiri peta ke jalan berwarna biru.

Berikut beberapa gambar yang diambil dari berbagai lokasi di Sumedang.

Memang tidak semua wilayah dapat dilihat dengan Google Street View dan tidak menampilkan waktu yang sebenarnya. Tetapi setidaknya kita dapat mengetahui keadaan di lingkungan sekitar dan mengetahui keanekaragaman wilayah.

Referensi : CNN Indonesia, Tekno Kompas.



Penulis :

Kami berupaya memberikan konten yang menarik dan original. Semoga bermanfaat.
Jangan Lupa Komentar yaa :)

2 komentar

sya juga seneng banget jalan2 pake itu, bro.

keren ya tapi sayangnya tidak update sesuai waktu hari ini. Terima Kasih sudah berkunjung :)